PKS Nilai Ada Empat Manfaat dari Kunjungan Raja Salman

JAKARTA, KOMPAS.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mencatat setidaknya ada empat manfaat dari momentum kunjungan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia pada 1 hingga 9 Maret mendatang.

Pertama, terkait diplomasi politik untuk memperkuat relasi kedua negara.

"Terutama dari sisi Indonesia, dalam rangka memperkuat leverage (pengaruh) dan posisi tawar dalam isu-isu spesifik, khususnya dalam isu kuota dan pelayanan haji, perlindungan dan kesejahteraan TKI kita di sana," kata Ketua Fraksi PKS di DPR, Jazuli Juwaini melalui keterangan tertulis, Jumat (24/2/2017).

Kedua, berkaitan dengan diplomasi ekonomi dan investasi, baik ekspor maupun impor. Jazuli berharap, melalui kunjungan ini dapat direalisasikan nilai investasi yang dibawa Arab Saudi mencapai 25 miliar dollar AS seperti yang diharapkan Presiden Joko Widodo.

Ini terutama di bidang pengelolaan minyak antara pertamina dan Aramco milik Arab Saudi.

Manfaat ketiga adalah berkaitan dengan diplomasi budaya, pendidikan dan agama, yaitu mempromosikan Islam moderat dan berkontribusi bagi perdamaian dunia.

"Di bidang pendidikan, Indonesia dapat mendorong pertukaran pendidikan dan beasiswa yang lebih meningkat bagi pelajar atau mahasiswa dari kedua negara," ucap anggota Komisi I DPR itu.

Adapun keempat, berkaitan dengan diplomasi dunia Islam.

"Yaitu dalam rangka menggalang solidaritas bagi peningkatan pembangunan, kemajuan dan kesejahteraan di negara-negara muslim," ujar Jazuli.
PKS Nilai Ada Empat Manfaat dari Kunjungan Raja Salman Rating: 4.5 Diposkan Oleh: internetbersama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar